9/05/2013

Kelangkaan

BAB 1
KEBUTUHAN, SUMBER DAYA, DAN KELANGKAAN

C. Kelangkaan
Kelangkaan tidak berarti segalanya mutlak sukar diperoleh atau ditemukan. Dikatakan langka karena alat pemenuhan kebutuhan yang tersedia tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kelangkaan inilah yang menjadi inti dari masalah ekonomi. Kelangkaan mengandung dua pengertian yaitu sebagai berikut:
1. Langka berarti alat pemuas kebutuhan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan.
2. Langka berarti untuk mendapatkan diperlukan pengorbanan yang lain.
Permasalahan kelangkaan dihadapi oleh setiap orang, perusahaan, masyarakat maupun negara.
Dengan demikian masalah kelangkaan merupakan masalah bagaimana orang dapat memnuhi kebutuhan hidup yang banyak dan beraneka ragam dengan sumber-sumber daya yang terbatas. Kelangkaan dapat diatasi dengan cara berekonomi yang berencana dan bersungguh-sungguh. Sumber daya ekonomi harus diolah dalam bentuk barang dan jasa yang cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia. Untuk itu kita harus bersifat ekonomis.  Bertindak ekonomis dalam arti menggunakan barang dan jasa harus secara berhati-hati. Ini artinya kita harus mendayagunakan sumber daya yang ada secara hemat seraya memerhatikan waktu dan urutan penggunaannya.
Dengan kata lain kita harus melakukan pilihan atas sumber daya yang ada, dan mempergunakannya secara bijak dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar