9/05/2012

Singkong


1.     Sejarah
Jenis singkong Manihot esculenta pertama kali dikenal di Amerika Selatan kemudian dikembangkan pada masa pra-sejarah di Brasil dan Paraguay. Bentuk-bentuk modern dari spesies yang telah dibudidayakan dapat ditemukan bertumbuh liar di Brasil selatan. Meskipun spesies Manihot yang liar ada banyak, semua varitas Manihot esculenta dapat dibudidayakan.
Produksi singkong dunia diperkirakan mencapai 184 juta ton pada tahun 2002. Sebagian besar produksi dihasilkan di Afrika 99,1 juta ton dan 33,2 juta ton di Amerika Latin dan Kepulauan Karibia.
Singkong ditanam secara komersial di wilayah Indonesia (waktu itu Hindia Belanda) pada sekitar tahun 1810, setelah sebelumnya diperkenalkan orang Portugis pada abad ke-16 ke Nusantara dari Brasil.
2.     Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan       : Plantae
          Divisi          : Magnoliophyta
          Kelas          : Magnoliopsida
          Ordo           : Malpighiales
          Famili         : Euphorbiaceae
          Upafamili    : Crotonoideae
          Bangsa       : Manihoteae
          Genus         : Manihot
          Spesies       : Manihot esculenta
    3.     Anatomi dan Morfologi
 

4.     Fisiologi
         Tanaman singkong sebenarnya memiliki organ reproduksi generatif berupa bunga. Bunga jantan dan bunga betina terletak pada satu tanaman, sehingga disebut bunga berumah satu atau monoceus. Karena proses reproduksi generatif singkong cukup lama, sehingga untuk mempercepat proses perbanyakan singkong dilakukan secara vegetatif. Perbanyakan vegetativ singkong secara holtikultural dilakukan dengan stek batang, umumnya batang dipotong sekitar 20 cm dengan 4-5 nodus.
5.     Peranan
          Umbi singkong merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar