4/29/2013

Kelas X

Semester 1
27 Juli 2010
Sosiologi berasal dari kata socius dan logos. Interaksi adalah hubungan timbal balik antara manusia yang satu dengan yang lainnya.
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan manusia dengan manusia.
Pengetahuan adalah sesuatu yang bisa diketahui dengan panca indra.
23 September 2010
Fungsi nilai social salah satunya sebagai pendorong atau yang memberi motivasi kepada individu untuk meningkatkan produktivitas diri dan membangun masyarakatnya. Nilai yang berada pada dalam individu antarlain yaitu:
1.       Nilai kewiraan yang artinya kemandirian tidak tergantung kepada orang lain, nilai kewiraan mendorong kepada setiap individu untuk berusaha seca ra optimal agar mampu berdiri diatas kaki sendiri.
2.       Nilai inisiatif pribadi yang artinya keinginan atau prakarsa untuk melakukan suatu aktivitas atau kegiatan tanpa perintah dari orang lain.
3.       Nilai kepahlawanan, dalam pengertian soaiologis sebutan pahlawan bukan hanya yang berjasa kepada bangsa dan Negara tetapi setiap orang rela berkorban harta, tenaga, pikiran, perasaan, waktu, untuk kepentingan orang lain sesuai dengan kemampuannya.
18 November 2010
Keteraturan social
Unsure-unsur dalam keteraturan social ada 4 unsur utama:
1.       Tertib social yaitu merupakan kondisi ketercapaian keselarasan atau kesesuaian antara tindakan dan perilaku anggota suatu masyarakat dengan nilai yang dianut masyarakat tersebut. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat meliputi 3 unsur utama suatu kondisi dikatakan tertib social:
1.       Adanya nilai dan norma dalam masyarakat.
2.       Diketahui serta dipahami nilai dan norma tersebut oleh anggota masyarakat yang bersangkutan.
3.       Sesuainya tindakan anggota masyarakat dengan nilai dan norma yang ada.
2.       Order
Dalam sosiologi order merupakan yang yang menempatkan segala hal dalam suatu keadaan dalam tatanan yang diinginkan masyarakat. Order dapat disebagai system nilai dan norma (social) yang diakui dan dipatuhi oleh suatu masyarakat.
3.       Keajegan
Kata ajegberasal dari bahasa jawa yang aetinya teraturatau berlangsung secara terus menerus. Keajegan dapat diartikan sebagai kondisi berlangsungnya suatu nilai atau norma secara terus menerus.
4.       Pola
Keajegan dan pola memiliki banyak kesamaan. Perbedaan antara keduanya terletak pada titik berat tinjauannya. Keajegan menitik beratkan pada sifatnya berlangsung terus menerus sedangkan pola menitik beratkan pada bentuk suatu kegiatan. Kegiatan yang dimaksud yaitu kegiatan yang dilakukan dalam hubungannya dengan interaksi social.
Semester 2
13 Januari 2011
Sosialisasi adalah proses pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar