8/28/2012

Badai



Badai yang lebih dikenal dengan nama hurricane adalah sebuah nama yang diberikan untuk anginyang bergerak secara kuat dan mula-mula melewati melewati Lautan Atlantik wilayah tropis dan subtropics, Lautan Karibia, Teluk Meksiko, dan Lautan Pasifik bagian utara.
Badai disertai oleh angin yang kuat, banjir, dan ombak yang besar dan menghantam pantai.
Badai adalah sesuatu yang bergerak dengan sangat hebat, berupa angin topan yang berputar memilin, dan berbentuk seperti corong.
Badai terbentuk dan berkembang melewati air lautan yang hangat. Di dalamnya terdapat kekuatan yang tersusun dalam kondisi panas yang tersembunyi.
Berikut ini adalah urutan terbentuknya badai:
1.     Badai terbentuk di bawah awan cumulonimbus.
2.     Ada pertemuan antara udara yang kering bersifat dingin dan udara yang hangat bersifat lembap.
3.     Setelah itu, semua awan tersebut akan bersatu dengan hujan angin rebut yang disertai petir dan guruh.
4.     Ketika udara hangat bergerak keatas yang memiliki sifat basah/lembap bergerak naik, kemudian merapat, melewati udara yang dingin berjalan mendekati puncak awan.
5.     Banyaknya udara yang hangat terdesak kedalam dan menggantikan yang ada didalamnya, kemudian udara yang lebih dingin mendesak bergerak menurun.
6.     Pengaruh timbal balik dari bertemunya udara hangat dan dingin menyebabkan udara bergerak ke atas untuk memutar.
7.     Terbentuknya badai seperti sebuah vacuum cleaner berbentuk corong yang bisa menghisap udara dan benda-benda lain di dalamnya.
Badai yang terbentuk seperti debu yang tersedot dan seperti layaknya air yang memadat, kemudian jatuh di tengah-tengah awan.
Di daerah bagian bumi utara angin yang berputar arahnya berlawanan dengan jarum jam, sedangkan di daerah bagian bumi selatan angin yang berputar searah dengan jarum jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar