8/29/2012

Bioteknologi


Bioteknologi berasal dari istilah latin yaitu bio artinya hidup, teknor artinya tekhnologi/terapan, dan logos artinya ilmu. Sehingga, definisi bioteknologi adalah ilmu terapan yang menerangkan prinsip-prinsip sains dan teknologi terhadap serangkaian proses dari bahan-bahan biologi yang menghasilkan barang dan jasa. Dalam penerapannya selain berhubungan dengan biologi secara umum, bioteknologi juga memerlukan beberapa ilmu spesifik lain seperti biokimia, mikrobiologi, genetika, sitologi, dan sebagainya.
Bioteknologi sebenarnya sudah dikenal sejak lama. Bioteknologi tradisional yang sederhana telah lama dikenal, seperti pada pembuatan tempe, tape, oncom, kecap, dan lain-lain. Masyarakat dahulu sudah melakukan pembuatan makanan yang menggunakan mikroorganisme untuk menghasilkan produk yang optimal, tetapi mereka belum mengenal nama bioteknologi.
Bioteknologi tradisional merupakan bioteknologi yang memanfaatkan mikroba, proses kimia, dan proses genetik. Contoh bioteknologi tradisional lainnya misalnya penangkaran ternak dan tanaman, dan pembuatan alkohol. Sekitar abad ke 18 mulai dikenal bioteknologi.
Semakin berkembangnya bioteknologi muncullah bioteknologi modern yang didasarkan pada manipulasi atau rekayasa DNA. Bioteknologi modern berkembang sekitar tahun 50-an. Contoh produk bioteknologi modern yaitu kloning domba dolly.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar