8/31/2012

Leonardo da Vinci



Leonardo di Serpiero da Vinci atau yang kita kenal dengan Leonardo Da Vinci, lahir dikota Vinci, propins Firenze Italia pada tanggal 15 April 1452 dari pasangan suami-istri Ser Piero da Vinci dan Caterina.
Da Vinci belajar melukis di Firenze dengan Andreadel Verrocchio. Setelah Verrocchio menyaksikan lukisan muridnya itu lebih bagus dari lukisannya ia menyatakan pension melukis.
Da Vinci juga sangat tertarik pada ilmu pengetahuan. Da Vinci suka membaca di perpustakakaan milik ayahnya di Florense. Buku-buku yang dipelajari oleh da Vinci beragam mulai dari matematika, anatomi, pengobatan, hingga tentang peperangan. Dari sanalah pengetahuannya menjadi semakin luas dan tajam.
Saat mempelajari anatomi, da Vinci suka pegi malam-malam membongkar kuburan, dan mengambil mayat orang tidak dikenal yang sudah hampir busuk dan membedahnya. Kadang ia melakukannya di rumah sakit yang member izin. Tidak kuran 30 mayat yang da Vinci bedah dan dipelajari sepanjang hidupnya. Da Vinci benar-benar ingin tahu mengapa tubuh manusia berbentuk seperti itu.
Pada tahun 1480 da Vinci membuat sketsa multibarrelled mitralyur. Multibarrelled mitralyur adalah senjata luar biasa dengan kekuatan api. Desainnya dibuat mudah dipakai pada berbagai macam kondisi karena selain ringan prototype yang berbentuk seperti kipas yang berpotensi menjadikannya sebagai sejata yang efektif terhadap pasukan musuh yang berjumlah banyak ini terpasang pada roda.
Pada tahun 1481 da Vinci pindah ke Milan untuk bekerja dengan Duke of Milan hingga tahun 1499. Di Milan da Vinci tidak hanya melukis dan membuat patung saja melainkan juga mengubah jalan-jalan sungai dan membangun kanal-kanal serta menghibur Duke of Milan dengan memainkan lut dan bernyanyi. Karya da Vinci yang termashur saat di Milan adalah kuda sporza yang dikerjakan oleh da Vinci kurang lebih selama 11 tahun.
 Pada tahun 1493 da Vinci membuat sketsa helicopter desainnya terdiri dari sebuah benda spiral yang digerakkan oleh system yang belum sempurna.
Pada tahun1495 da Vinci membuat sketsa prajurit mekanis yang bias dibilang robot pertama dalam sejarah.
Semua pemikiran da Vinci terdapat dalam buku catatannya yang terdiri dari 7000 halaman.
Maha karya da Vinci yang paling termashur adalah lukisannya yang berjudul “Monalisa”. Lukisan ini merupakan puncak dari segala ilmunya tentang pewarnaan, cahaya, perspektif, dan anatomi tubuh manusia. Da Vinci menggunakan teknik sfumato yaitu sebuah teknik yang membuat lukisan terlihat seperti berkabut, tidak fokus, dengan transisi antar warna yang luar biasa lembut dan halus. Siapakah sebenarnya sosok Monalisa belum pasti. Sebuah spekulasi menyatakan bahwa perempuan tersebut merupakan rekaan wajah da Vinci sendiri. Spekulasi yang lain menyatakan bahwa perempuan tersebut adalah Lisa Gherardini, istri seorang pengusaha Firenze yang kaya bernama Fracesco del Giocondo. Monalisa kini terdapat di Museum Louvre, Paris.
The Last Supper mahakarya da Vinci yang dilukis pada dinding Biara Santa Maria di Milan pada tahun 1495 dan selesai pada tahun 1497 melukiskan makan malam terakhir Yesus dengan 13 murid-muridnya sebelum ia dihianati. Di dalam lukisan The Last Supper menurut Galitzia terdapat kode-kode kiamat yang dibuat oleh da Vinci, da Vinci meramalkan pada tanggal 21 Maret 4006 bumi akan dilanda banjir bah dan bencana maha dahsyat itu akan berujung pada kiamat 1 November 4006.
Setelah da Vinci berhenti bekerja dari Duke of Milan, da Vinci bekerja untuk Raja Louis XII dari Perancis di Milan dan untuk Paus Leo X di Roma.
Pada tahun 1516 da Vinci pindah ke Perancis atas undangan Raja Perancis I dan mendapatkan gelar “Pelukis Pertama Raja”. Da Vinci menghabiskan tiga tahun terakhir hidupnya di Perancis.
Da Vinci wafat di Clos Luce, Perancis pada tanggal 2 Mei 1519 dan dimakamkan di Gereja Istana Saint Florentin yang hancur saat revolusi Perancis dan akhirnya dipindahkan ke Kapel St. Hubert di Kastel Amboise Perancis.
Setelah wafatnya, sangat kuat ditenggarai bahwa da Vinci memegang peranan sebagai orang terkuat di sebuah organisasi rahasia bernama Priory of Sion yang berlaskarkan Knight Templar. Priory of Sion merupakan sebuah organisasi yang menjaga ketat-ketat rahasia sejarah kristiani menurut versi yang berbeda dari kitab injil yang beredar di masyarakat. Yang dirahasiakan adalah mengenai siapa mesias yang sesungguhnya dan kemungkinan Yesus tidak menjalankan hokum selibat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar